Minggu, 23 April 2017

Yosua Bin Nun : Ia yang Terpilih




Yosua diperkirakan hidup di sekitar tahun 1350 SM. Nama Yosua diambil dari bahasa Ibrani: Yehoshua yang artinya adalah "Tuhan adalah keselamatan/ juruselamat".
Nama Yosua pertama kali disebut di Alkitab dalam Kitab Keluaran pasal 17. Ia adalah orang yang dipilih Musa untuk melakukan banyak hal besar dalam sejarah Israel selama masa pengembaraan di padang gurun.
Diantaranya, ia ditunjuk untuk mempin pasukan Israel memerangi kaum Amalek di Rafidim. Selain itu Yosua juga menjadi salah satu dari 12 orang yang diutus Musa mengintai negeri Kanaan.
Dan akhirnya, Yosua bin Nun terpilih menggantikan Musa untuk memimpin bangsa Israel masuk tanah Kanaan. Bersama Imam Eleazar, ia mengatur pembagian tanah untuk setiap suku Israel.
Tradisi Yahudi mengatakan bahwa ia adalah
penulis kitab Yosua, kitab keenam dalam Tanakh (Kitan umat Yahudi Ibrani) maupun di Perjanjian Lama. Talmud mengatakan bahwa kitab ini ditulis oleh Yosua kecuali ayat-ayat terakhirnya (24:29-33) yang ditambahkan oleh Imam Besar Pinehas bin Eleazar.
Karena itulah, sering dijumpai kata ganti orang pertama untuk menyebut sang penulis dalam kitab ini. Ia memang pelaku sekaligus saksi mata atas kejadian-kejadian yang diceritakan. Namun di beberapa bagian Yosua sendiri biasanya digambarkan dalam kata ganti orang ketiga.
Yosua bin Nun meninggal pada usia 110 tahun (Yosua 24:29). Sejarahwan Alkitab, Flavius Yosefus mencatat bahwa Yosua mati 20 tahun setelah memasuki dan merebut tanah Kanaan, atau di akhir Zaman Perunggu.
Pernyataannya yang paling terkenal dalam sejarah hidupnya tercatat di Yosua 24:15 yang berbunyi, "Tetapi jika kamu anggap tidak baik untuk beribadah kepada TUHAN, pilihlah pada hari ini kepada siapa kamu akan beribadah; allah yang kepadanya nenek moyangmu beribadah di seberang sungai Efrat, atau allah orang Amori yang negerinya kamu diami ini. Tetapi aku dan seisi rumahku, kami akan beribadah kepada TUHAN!"
Diambil dari Warta Ibadah Gereja Bethany Indonesia House of Glory Sidoarjo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar