Sabtu, 22 April 2017

Nabi Natan - Saksi Kehidupan Daud dan Salomo




Salah satu Nabi di Masa Perjanjian lama yang diutus Tuhan untuk mencatat FirmanNya adalah Natan. Bersama Samuel dan Gad, ia menuliskan riwayat hidup Daud dalam Kitab Samuel maupun Tawarikh.
Natan mempunyai pengaruh besar atas raja Daud (bdk: 2 Samuel 7:11-16). Bahkan dialah yang ditugaskan memberitahukan janji Allah mengenai keluarga dan kerajaan Daud (dalam 2 Samuel 7:1-29; 1 Tawarikh 17:1-27).
Diantaranya Ia menegur Daud, sebab raja kedua Israel itu telah berbuat serong terhadap Barsyeba sekaligus merancang pembunuhan terhadap Uria, suami Betsyeba (2 Samuel 12 :1-7).
Selain itu saat Adonia merencanakan merebut tahta ayahnya, Natan mendorong Betsyeba mengingatkan Daud pada janjinya akan menetapkan Salomo. Natan ditugaskan menyatakan Salomo (1 Raja-raja 1: 11-45) sebagai raja.
Begitu juga saat Daud menyatakan keinginannya mendirikan Bait Suci, Natan kembali datang untuk menyampaikan pesan Tuhan, bahwa Allah menghendaki Salomo-lah yang akan melaksanakan pembangunan rumah Tuhan di Yerusalem.
Demikian juga Daud menggubah lagu atas dorongan Natan, lagu untuk ibadah Bait (2 Tawarikh 29:25). Dan masih banyak lagi peran Natan dalam hidup Daud hingga Salomo.
Dalam Perjanjian Lama namanya disebutkan beberapa kali, mulai dari Kitab 2 Samuel 7 : 2, Kitab 2 Raja-raja, 1 Tawarikh, 2 Tawarikh hingga Kitab Mazmur 51 : 1.*dari berbagai sumber
Dikutip dari Glory News, Warta Jemaat Gereja Bethany Indonesia-House of Glory

Tidak ada komentar:

Posting Komentar